Masa Depan Media Online Sekarang

New media itu media online, internet itu media masa depan. Kadang ada latah, niru ungkapan saja. Sederhana berfikir, mungkin rumit juga. Coba pahami kalimat ini, media online itu di internet, internet itu masa depan. Di masa depan semua orang pakai internet, sehingga memerlukan media online maka disebut juga media masa depan. Kalimat ini bisa juga diaduk lagi. Orang bermasa depanlah yang memakai internet dan membaca media online, karena itu gaya masa depan. Tentukan sendiri mana yang benar, kalimatnya.

Logika lainnya, media online atau biasa disebut portal itu, cepat, jadi banyak reporter atau banyak orang bisa kirim dan upload. Kelemahannya, kadang beritanya ganda,kadang beda isinya dikit,kadang beritanya diralat-ralat. Media online itu penyebarannya cepat dan luas. Tinggal copy link, share (bagikan) sehingga kadang media online copy paste itu lebih bervariasi dari media-media yang diambil materinya.Media online itu abadi dan tahan lama, karena bisa diakses puluhan tahun tanpa rusak tinta, ataupun kertasnya jadi lepek. Jeleknya kondisi, saking tahan lamanya, banyak yang menunggu santai dulu baru baca media online.

Dijual Mahal

Mungkin bukan tiba-tiba, terjadi pembicaraan hangat di kalangan awak media, ketika detik.com dibeli para group (trans tv, trans7, bank mega) milik Chairul Tanjung. Informasi yang beredar nilainya 60 juta dolar AS. Facebook, sosial media juga jual 421 juta saham ke pasar saham sebesar 38 dolar per saham hal itu menjadikan perusahaan itu bernilai 104 miliar dolar AS. Bahkan sebelum jual saham, pendapatan pemiliknya diberitakan triliunan rupiah per bulannya. Ternyata pengusaha besar di dunia juga melihat laba besar di media online.

Tak semua berfikir sama, ada yang beda. Media online dianggap bisnis murah dan mudah.Beli domain, beli hosting, buat website, isi berita jadilah portal. Tidak perlu banyak orang, tidak perlu banyak beban biaya. Tidak ada beli kertas, tidak ada ongkos cetak, tidak perlu banyak kamera, tidak perlu pemancar atau listrik besar. Gampangkan!. Modalnya sikit, uangnya banyak. Satu banner saja harganya bisa ratusan ribu, kali setahun, kali berapa buah?. Satu berita pariwara harganya bisa ratusan ribu, kali sekian,kali sekian bulan. Banyak kan.

Mudah,murah,dan jadi mesin uang kah portal?. Mungkin saja. Lalu munculah berbagai portal nasional maupun lokal. Nama dan tampilannya berbagai bentuk dan warna. Ada seperti portal internasional, portal nasional dan ada yang ambil tampilan sendiri. Ada media online didirikan atas dasar kebersamaan, portal hidup menjamur dalam kekeluargaan. Hobi, ngenet bawa rezeki, kalau punya media online kita bisa tawarkan iklan,kalau disetujui uangnya dibagi rata. Jalin kerjasama, pariwara dibuat berita bersama dibagi hasilnya suka-suka.

Masa depan, media masa depan ini juga tak selalu sama seperti di awal. Kadang, aturan yang tidak jelas membuat portal bisa ditinggal, karena bikin satu lagi murah lagi. Kerja reporternya kan bisa nyambi. Satu reporter kan bisa kerja untuk beberapa portal, reporter media cetak bisa kirim berita ke portal. Nyambi jadi reporter media online, bisa juga kerja di reporter tv. Media online kadang jadi tempat curahan hati, bira ramai copy paste informasi yang seliweran di dunia maya. Media online bisa jadi sekedar arsip isi otak saja. daripada terbuang jadi tulisan di kertas bekas.

Begitukah?Memang ada benarnya, mungkin juga tidak sebegitu mudahnya. Bisa jadi portal bisa menghasilkan pendapatan melebihi media yang telah ada, media cetak, radio maupun televisi. Buktinya lihat saja pendapatan media sosial facebook, alaba, google, yahoo, secara nasional juga banyak contoh berpendapatan berlebih.

Serius! Media Masa Depan

Portal atau media apapun di dunia maya, bisa benar-benar serius bermasa depan (serius lebih mahal daripada murah -red). Untuk serius, tentu tak sekedar. Banyak hal harus dipersiapkan, alatnya harus juga serius. Servernya kuat dan tahan, komputernya cepat, akses internetnya so kilat, ruang kerjanya nyaman. Orang-orangnya atau sumber daya manusianya harus pilihan, sistem manajemennya menarik. Sistem kerja harus diatur rapi, dibikin seirama, error sistem berangsur dipulihkan. Kemampuan redaksinya harus kuat karena untuk bekerja cepat dan tepat serta dengan ritme menanjak. Reporter dan koresponden bisa kirim informasi dari mana saja, dan bisa diakses secepatnya. Agar seirama, laporan dan komunikasi antar tim berjalan baik dengan peralatan komunikasi yang juga mampuni. Tim IT nya , bukan berlindung di balik alasan seni tak terukur dan rasa raja hati atas dasar moodly. Software jangan bajakan mudah di hack dibuat error.

Setelah diberikan alat,kualitas kuantitas SDM, diperhatikan sedemikian besar, portal serius bisa jadi media masa depan. Modalnya bisa saja mahal. walaupun beritanya tanpa label harga, alias GRATIS. Pendapatan media masa depan tentu saja bukan hanya iklan,karena di masa depan mungkin lebih banyak pilihan.

Kadang pemasang iklan bingung lihat media banyak sekali. Bagaimana menghitung keefektifan publikasi atau promosi. Media banyak nama, jenisnya beragam pula. Daripada pusing, pemasangan iklan bagi berdasarkan rasa-rasa, media yang sudah lama diberi lebih besar, makin baru makin ke ujung. Media online kan media masa depan dan notabene baru, dibuatjuga mudah.

Padahal tingkat efektifitas iklan di media online sangat nyata. Verifikasi jumlah pengunjung berarti jumlah orang yang melihat iklannya akan berbeda. Caranya ketik alamat website yang memberi rangking sebuah media online. Contoh alexa, google page rank, 4ICU, rank widget, yahoo search in links dan banyak lagi. Setelah dapat angkannya bandingkan pengunjung, lama pengunjung bertahan, bahkan ada rangkingnya. Pilih lah media online dengan nilai rangking tertinggi. Media online juga bisa dibedakan berdasarkan keseriusan badan usahanya, misal badan hukum usaha, , kantor yang jelas, isi manajemennya. Nah, sekarang bandingkan kualitas dan kuantitasnya. Jadi jika media online adalah media masa depan, maka masa depan juga harus dimulai dari sekarang. (*)

penulis : tandri eka putra (pempred padang-today.com – PT Padang Ruangmedia Informatika) 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s